★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

 DMCA  Protected 


2 Mbps Berapa GB ? Ini Jawabannya

2 Mbps berapa GB sih? Ini kerap ditanyakan oleh users paket By.U yang bingung untuk beli paket unlimited internet 2 Mbps atau kuota reguler.

 

m.satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai 2 Mbps itu berapa GB.

 

Sejak hadirnya provider By.U yang menawarkan paket unlimited internet mulai dari 1 Mbps, 1,5 Mbps, hingga 2 Mbps, kini semakin banyak orang yang mencari tahu konversi Mbps ke GB untuk menentukan pilihan paket mana yang cocok untuk kebutuhan mereka.

 

Sebagai gambaran awal, kami infokan jika sebenarnya kurang “fair” jika kita membandingkan satuan Mbps dengan GB.

 

Sebab keduanya “bermain” di sektor yang berbeda. Sebagai gambaran, huruf B besar dan b kecil pada G”B” dan M”b”ps itu berbeda maknanya.

 

Beda B besar dan b kecil Kuota Internet

2 Mbps Berapa GB ? Ini Jawabannya

B besar artinya adalah Byte atau disebut juga sebagai BITA. Sedangkan b kecil artinya adalah bit (bukan BITA loh ya).

 

1 Byte sendiri adalah sebesar 8 bit, di mana dalam penulisannya, Byte ini menggunakan huruf besar atau huruf kapital.

 

Misal 1 KB, 2 MB, 3 GB dan seterusnya yang artinya adalah 1 Kilo Byte, 2 Mega Byte, 3 Giga Byte, dan seterusnya.

 

Byte ini menggambarkan suatu ukuran “file”, misalnya ada file musik yang ukurannya 5 MB, maka artinya file musik tersebut berukuran 5 Mega Byte dan bisa didownload dengan kuota reguler sebesar 5 MB juga.

 

Sedangkan untuk bit, itu biasanya menjadi acuan kecepatan dalam transfer data dan bukan merupakan ukuran dari suatu file.

 

Bilangan Biner dan Desimal

Bilangan biner adalah angka yang tidak dibulatkan. Jadi jika 1 GB ingin dikonvert ke MB, maka angkanya akan jadi 1024 MB.

 

Sedangkan bilangan desimal adalah bilangan yang sudah dibulatkan, alhasil 1 GB ini akan jadi 1000 MB dan bukan lagi 1024 MB.

 

Adapun jika ingin mengkonversi Mbps ke GB, maka kita harus konversikan dulu 1 Mbps ke GB (biasanya jadi GBps).

 

Mbps sendiri artinya adalah Mega bit per second yakni mengacu pada seberapa besar data yang bisa diperoleh dalam 1 detik berjalan.

 

1 Mbps sendiri setara dengan 0.00012207 GB yakni hasil pembagian dari 1 Mbps dibagi dengan 8192 (angka 8192 didapat dari 1024 x 8).

 

Konversi di atas adalah untuk bilangan biner. Sedangkan jika ingin dibulatkan dalam bentuk desimal, maka 1 Mbps ini akan setara dengan 0.000125 yang mana berasal dari hasil pembagian 1 Mbps dibagi angka 8000.

 

Maka dalam membacanya, kecepatan internet 1 Mbps ini akan mendapatkan file sebesar 0.00012207 per detiknya.

 

2 Mbps Berapa GB?

2 Mbps setara dengan 0.00024414 GB dalam bentuk biner atau setara 0.00025 GB dalam bentuk desimal. Dalam paket internet unlimited, artinya adalah kecepatan internet 2 Mbps akan mendapatkan file download sebanyak 0.00024414 GB per detiknya (tergantung sinyal jaringan juga).

 

Jadi di sini mulai terlihat jelas jika paket reguler yang langsung mematok besaran kuota seperti 10 GB sangat berbeda dengan unlimited internet yang mengacu pada kecepatan internet itu sendiri.

 

Sebagai info, 2 Mbps ini bisa lebih besar dari 10 GB, namun bisa juga lebih kecil. Sebab biasanya 2 Mbps ini dikekang juga oleh masa berlaku paket.

 

Namun bila bertanya kencang mana 2 Mbps dengan paket reguler? Jawabannya adalah kencang paket reguler.

 

Sebab paket reguler biasanya akan memiliki kecepatan internet maksimal tergantung dari kecepatan internet yang digunakan oleh provider yang bersangkutan.

 

2 Mbps sendiri hanya cocok untuk sekedar browsing, upload video dengan santai, hingga nonton video di internet dengan resolusi maksimal 720p (banyak ngelag-nya).

 

2 Mbps cenderung tidak cocok untuk download file yang besar hingga main game online yang butuh konektivitas tinggi atau kencang.

 

Video



Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Iklan Atas Artikel

Rekomendasi HP 1 Jutaan RAM 4 GB dari Evercoss

 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Rekomendasi HP 1 Jutaan RAM 4 GB dari Evercoss

 

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...

Artikel Lainnya