★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

 DMCA  Protected 


6 Cara Memperpanjang Umur Baterai HP Ditinjau dari Cara Mengecasnya

m.satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai cara memperpanjang umur baterai HP ditinjau dari cara mengecasnya.

 

Baterai pada smartphone menjadi salah satu komponen yang kerap mengalami kerusakan.

 

Ternyata, kerusakan pada baterai HP atau smartphone ini bukan hanya karena masa pakai dari baterai itu sendiri.

 

Sebab banyak faktor yang bisa membuat baterai jadi lebih cepat rusak, seperti kesalahan dalam pengecasan baterai itu sendiri.

 

Nah, dalam kesempatan kali ini, tim m.satupiston.com akan coba membahas mengenai apa saja yang harus dilakukan dan apa saja yang tidak boleh dilakukan ketika tengah mengecas HP.

 

Ya tentu saja, tips dan trik ini bertujuan agar umur baterai pada HP milik kita jadi lebih panjang lagi dan tidak mudah drop atau rusak.

 

Cara Memperpanjang Umur Baterai HP

6 Cara Memperpanjang Umur Baterai HP Ditinjau dari Cara Mengecasnya


Ada beberapa tips yang bisa diterapkan agar baterai HP bisa lebih awet lagi. Adapun cara memperpanjang umur baterai HP ditinjau dari cara mengecasnya adalah sebagai berikut:

1. Isi Baterai Hingga Sekitar 80% Sangat dianjurkan

Sudah tahu belum? Jika ternyata mengecas baterai hingga penuh itu tidak dianjurkan. Sebab banyak pakar seperti pengembang aplikasi Electron yang mengajurkan untuk mengecas HP hingga 80%-an saja.

 

Kenapa demikian? Sebab saat baterai terisi di atas 80 hingga 100 persen, maka di saat itulah baterai tengah panas-panasnya.

 

Oleh karena itu, sebaiknya isi baterai hingga angka 80 persenan saja agar baterai tetap dingin, sebab panas berlebih pada baterai bisa mendegradasi usia pakai dari baterai itu sendiri.

 

Karena alasan ini pula, jangan heran jika di smartphone model terkini, kita akan menemukan HP yang akan semakin melambat ketika persentase baterai ada di atas 80% saat dicas.

 

Itu normal, sebab sistem smartphone tersebut tengah menurunkan daya listrik dan menjaga agar baterai tetap dalam keadaan suhu ideal.

 

2. Gunakan Mode Dark Mode

Jika kalian menggunakan perangkat dengan layar OLED. lebih baik menggunakan mode gelap atau dark mode untuk sistem HP dan untuk banyak aplikasi, karena layar OLED berwarna hitam mematikan piksel dan tidak seperti layar LCD.

 

Karena mematikan piksel pada layar, maka  ini akan menghasilkan penghematan lebih banyak pengisi daya bahkan pada saat digunakan seperti biasa (tanpa dicas).

 

3. Jangan Gunakan HP saat Dicas

Jangan gunakan baterai saat mengisi daya perangkat, karena menyebabkan stres pada baterai yang membuatnya terlalu panas dan panas berlebih bisa membuat umur baterai jadi lebih pendek.

 

Jadi untuk kita yang sering main HP apalagi main game saat HP dicas, maka sebaiknya berhenti melakukan itu mulai dari sekarang.

 

Sebab selain dapat membuat baterai cepat rusak, kebiasaan ini juga bisa membuat HP atau baterai meledak.

 

4. Jangan Isi Baterai HP Semalaman

Selanjutnya jangan mengisi daya perangkat dalam semalam penuh meskipun HP yang kita miliki secara otomatis bisa memutuskan pengisi daya pada 100%.

 

Alasan ini masih berhubungan dengan poin nomor 1 pada artikel ini. Selain itu, meski HP kita sudah bisa memangkas secara otomatis saat diisi secara penuh, namun tetap saja masih ada daya listrik yang mengalir sehingga baterai tetap diisi hingg angka 100%.

 

5. Gunakan Adaptor Yang Sesuai Spesifikasi

Pastikan kita mengecas baterai HP dengan adaptor yang sesuai dengan spesifikasi bawaan HP. Sebab perbedaan ampere atau watt pada adaptor casan bisa berpengaruh pada umur baterai.

 

Misal adaptor casan yang terlalu besar ampere-nya, maka bisa berakibat baterai overcharger dan membuat baterai jadi lebih mudah kembung.

 

6. Jangan Biarkan Baterai Sering Habis 0%

Yang terakhir adalah jangan biarkan baterai sering habis hingga 0%, meski pada beberapa jenis baterai ada toleransi yang berbeda-beda, namun dianjurkan untuk mengecas HP sebelum baterai ada di bawah 25%,

 

Apakah tips ini akan berguna? Tentu saja, tetapi jika tidak dilakukan pun tidak apa-apa. Ini hanya tips agar baterai HP yang kita gunakan bisa lebih awet.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Iklan Atas Artikel

Rekomendasi Hampers Parcel Lebaran Tokopedia

 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Rekomendasi Hampers Parcel Lebaran Tokopedia

 

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...

Artikel Lainnya