Pembahasan Manga Boruto Chapter 3: Ujian Chunin Era Boruto Dimulai !!

m.satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai manga Boruto Chapter 3.

 

Pada pembahasan Boruto Chapter 2, dicerita terakhir adalah mengenai Momoshiki dan Kinshiki yang hendak menyerang Kurama dan juga Naruto yang dinilai punya chakra lebih besar dari Killer Bee dan juga Hachibi.

 

Buat kalian yang belum baca pembahasannya, yuk simak di: Boruto Chapter 2: Ini Pembahasan Manga Boruto Chapter 2

 

Pembahasan Manga Boruto Chapter 3: Ujian Chunin Era Boruto Dimulai !!

Ujian Chunin Segera Datang!

Cerita diawali dengan perwakilan dari Desa Suna yang tengah berkunjung ke Konoha dengan menggunakan (sepertinya) kereta api. Gaara sebagai pemimpin Sunagakure turut membawa Kankuro serta anak adopsi dari Gaara yakni Shinki serta 2 teman setim dari Shinki yang akan jadi perwakilan dari Desa Suna.

 

Sementara itu, Metal Lee (anak dari Rock Lee) juga nampak tengah berlatih push up dengan satu tangan, kendati sejatinya ia tengah berlatih mental guna tidak gugup saat ujian nanti.

 

Di sisi lain, Boruto nampak tengah berlatih dengan Sasuke. Boruto berlatih cara membelokan Shuriken dari Sasuke. Tekniknya cukup sulit dan sayangnya Boruto nampak kesusahan dengan teknik tersebut.

 

Seleksi Ujian Chunin

Di sini secara resmi ujian Chunin sudah dimulai di mana tes pertama adalah tes yang diberikan oleh Shikamaru Nara. Seperti biasa, tes yang satu ini menguji pemikiran non kontekstual dari peserta yang mengikuti ujian chunin.

 

Memang apa yang dites?Shikamaru hanya memberikan pertanyaan dengan jawabannya adalah Iya (O) atau Tidak (X).

 

Tiap peserta yang menjawab Iya harus berdiri di bagian O, sedangkan yang tidak setuju berdiri di bagian X.

 

Pada akhirnya pertanyaan dari Shikamaru adalah jebakan yang jawabannya tersirat secara non konteks yakni “Yang Hitam Akan Dieliminasi”.

 

Ya, pada akhirnya baik itu tempat O atau X sama-sama akan terbuka menuju kubangan tinta hitam. Hanya ninja yang mampu menyelamatkan ia dan timnya dari basahnya tinta lah yang tidak akan tereliminasi.

 

Boruto hampir saja tereliminasi karena terlambat menyadari. Untung saja ada sarada yang mengulurkan tali pada Boruto dan ada Mitsuki yang memanjangkan tangannya untuk Sarada.

 

Ya, tes ini setidaknya sukses menguji pemikiran dan mental para peserta, tak terkecuali bagi Boruto, meski ia “terselamatkan” namun nampak ia menyesal karena merasa gagal memahami maksud dari pertanyaan Shikamaru Nara.

 

Reaksi Naruto Tentang Boruto

Di kantor Hokage, nampak Shikamaru memberi tahu Naruto bahwa anaknya telah berhasil melewati ujian pertama dengan kemampuannya sendiri (sebenarnya tidak juga ya wkwk).

 

Namun nampak ekspresi atau reaksi Naruto biasa saja, Shikamaru malah mengira bahwa Naruto punya masalah keluarga, terutama dengan Boruto.

 

Di akhir adegan, Shikamaru menyarankan Naruto agar memberi beberapa kata pada Boruto (untuk memotivasi).

 

Naruto pun mendengarkan dan mengirim email berisi ucapan selamat pada Boruto karena sudah melewati ujian tahap pertama, Naruto memberi semangat juga untuk ujian selanjutnya pada Boruto.

 

Namun sayangnya, Boruto nampak tidak senang dengan ucapan tersebut. Ya, Boruto berangkapan bahwa ayahnya bahkan tidak mau repot dengan mengirimkan bunshinya demi mengucapkan langsung ucapan selamat pada Boruto.

 

Latihan Kembali Dengan Sasuke

Boruto kembali berlatih dengan Sasuke guna memantapkan teknik membelokan lemparan shuriken. Sayangnya ia masih sangat kesulitan dengan teknik tersebut, ia malah menyalahkan Sasuke karena menganggap teknik tersebut merupakan teknik “khusus” untuk klan Uchiha.

 

Sasuke menjawab dengan mengeluarkan jutsu Kage Bunshin, ia lalu berkata bahwa harusnya ia (Sasuke) tidak bisa jutsu Kage Bunshin kan? Karena itu adalah teknik “khusus” dari Naruto (ayah Boruto).

 

Melihat tersebut, Boruto nampak lebih semangat untuk menjadi bintang (yang paling menonjol) di ujian Chunin kedua.

 

Ujian Chunin Kedua, Tangkap Bendera!

Di ujian kedua, tiap tim yang selamat di tes pertama harus bertarung satu dengan yang lainnya untuk mendapatkan bendera. Tim yang tidak mendapatkan bendera dan benderanya dicuri dinyatakan gagal.

 

Di sini, Boruto sepertinya baru sadar bahwa batasan dirinya hanyalah membuat bunshin sebanyak 4 orang.

 

Di ujian tahap kedua ini, tiap tim saling kompak untuk mengalahkan tim lain, tak terkecuali tim Shikamaru, Inojin, dan juga Chocho. Mereka nampak lebih kompak bila dibandingkan dengan tim Boruto.

 

Ngomong-ngomong, di sini Boruto nampak sedikit meremahkan lawan, ia bahkan pada akhirnya harus berjumpa dengan lawan yang punya teknik “kloning diri” lebih baik dari dirinya.

 

Nampak Boruto yang ingin tampil layaknya bintang malah hampir jadi beban tim, hampir saja bendera timnya dicuri lawan.

 

Namun di detik-detik akhir, ia mengeluarkan tekni dari alat sains ninja. Hasilnya? Ia pun menang. Namun tentunya, kami rasa teknik Boruto terlalu “power full” untuk ukuran keahlian dari Boruto.

 

Di sini, di versi anime, Tenten yang menjadi penilai ujian Chunin kedua sebenarnya sedikit curiga di awal namun merasa tidak curiga karena menganggap Boruto adalah anak dari Hokage ketujuh.

 

Apa yang membuat ia curiga? Salah satu alasannya adalah karena Boruto tidak menggunakan segel tangan dan memanggil atau mengeluarkan banyak air di tempat yang jauh dari sumber air yang banyak.

 

Di sisi lain, Sarada berhasil memenangkan bendera lawan yang telah diberi “genjutsu” berkat bantuan mata sharingannya.

 

Di akhir cerita, nampak perwakilan dari Katasuke datang dan melaporkan bahwa Boruto sudah menggunakan alat sains ninja serta Boruto pun lolos ke tahap berikutnya.


NEXT : Boruto Chapter 4, Kecurangan Boruto di Ujian Chunin !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...