Arti No HF Dalam Jual Beli HP Android dan Iphone

m.satupiston.com – Assalamu’alaikum. Arti no HF dalam jual beli HP Andorid dan Iphone itu apa ya? Ini menjadi pertanyaan yang menarik, sebab sering ditulis pada keterangan deskripsi penjual HP bekas pakai.

 

Banyak sekali hal-hal yang baru dan mungkin masih belum kita pahami dalam bermedia sosial termasuk dalam urusan jual beli smartphone baik Android atau pun Iphone.

 

Dalam artikel ini, kami tertarik untuk membahas arti dan maksud dari no HF yang semakin sering dituliskan dalam deskripsi penjual smartphone terlebih dalam kondisi bekas.

 

Lalu, apa sih maksudnya?

 

Apa itu HF pada Android dan Iphone?

Arti No HF Dalam Jual Beli HP Android dan Iphone


Kita awali dulu dengan pembahasaan mengenai definisi HF pada Android dan Iphone agar ke depannya lebih mudah dalam menerjemahkan maksudnya.

 

HF sendiri adalah singkatan dari HandsFree, di mana bila kita terjemahkan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, maka artinya adalah bebas genggam.

 

Bebas genggam sendiri adalah salah satu fitur dari HF atau handsfree, sedangkan HF sendiri merujuk pada alat yakni earphone yang diberi tambahan fitur-fitur lain seperti tombol untuk mengangkat telepon, tombol untuk memindahkan playlist lagu, tombol untuk menaikan atau menurunkan volume, hingga tombol untuk menghentikan atau memulai memutar lagu.

 

Tentu saja, tidak semua fitur itu dimiliki oleh setiap HF, sebab tak jarang suatu HF hanya memiliki beberapa fitur saja.

 

Arti No HF Dalam Jual Beli HP Android dan Iphone

Selanjutnya kita kembali ke topik utama dalam pembahasan ini yakni mengenai arti no HF dalam jual beli HP Android dan Iphone.

 

Sejauh ini, sepertinya kita mulai paham bukan kenapa ada yang menuliskan No HF? Ya, arti No HF dalam jual beli HP Andorid dan Iphone adalah HP tersebut tidak dilengkapi dengan Handsfree atau earphone yang dilengkapi tombol-tombol.

 

Arti Full Set No HF

Ini masih berhubungan dengan sub judul di atas, di mana artinya adalah HP baik Andorid atau Iphone dijual secara lengkap sesuai kelengkapan dari pabrikannya.

 

Namun minus tidak ada HF atau HandsFree. Kenapa bisa demikian? Ya karena beberapa alasan seperti HF-nya hilang, rusak, atau dari pabrikannya memang tidak dilengkapi dengan HF.

 

Bila kita mengingat era populernya Xiaomi beberapa tahun terakhir, mungkin kita akan sadar jika yang namanya earphone hingga handsfree ini sudah mulai tidak lagi disediakan dalam paket pembelian.

 

Ini juga terjadi pada smartphone-smartphone era sekarang seperti juga yang kami alami ketika membeli Evercoss M6A.

 

Kala itu, di forum banyak yang mengeluh karena HP zaman sekarang sudah mulai menanggalkan earphone hingga handsfree.

 

Bahkan banyak guyonan yang mengatakan jika mungkin di kemudian hari, charger hingga baterai pun akan dijual secara terpisah seperti fenomena earphone hingga HF yang dijual secara terpisah seperti era sekarang.

 

Ya jika kita mengingat masa lebih dulu lagi seperti era Nokia, pasti kita akan lumrah melihat yang namanya earphone hingga HF bahkan Headset yang tersedia dalam paket pembelian suatu HP.

 

Kenapa Produsen HP Tidak Memberikan Earphone hingga HF dalam Paket Pembelian?

Ini banyak ditanyakan dan ada beberapa jawaban logis kenapa sekarang earphone hingga HF ini langka ditemui dalam paket pembelian suatu HP.

 

Beberapa alasan dan jawaban tersebut adalah sebagai berikut:

  • Untuk menekan harga jual
  • Biasanya earphone atau HF bawaan produsen HP kurang bagus kualitasnya sehingga pembeli HP sering beli earphona hingga HF aftermarket
  • Earphona atau HF bukan merupakan fitur wajib seperti layaknya charger

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Iklan Atas Artikel

Rekomendasi HP 1 Jutaan RAM 4 GB dari Evercoss

 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Rekomendasi HP 1 Jutaan RAM 4 GB dari Evercoss

 

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...

Artikel Lainnya