9 Cara Mengatasi Baterai HP Tidak Terisi Penuh pada Evercoss M6A dan Tecno Spark 6 Go

m.satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai cara mengatasi baterai HP tidak terisi penuh pada Evercoss M6A dan Tecno Spark 6 Go.

 

Pada beberapa waktu lalu, kami memiliki pengalaman yang tidak mengenakan yakni di mana kedua smartphone kami tidak dapat mengisi secara penuh meski dicas dalam waktu lama.

 

Bahkan pengisian daya baterai HP dilakukan di masa pengecasan secara normal yakni sekitar 2 sampai lebih dari 3 jam.

 

Dalam kondisi normal, Evercoss M6A dan Tecno Spark 6 Go tersebut akan terisi penuh baterainya ketika dicas dalam kurun waktu tersebut.

 

Namun belakangan HP enggan penuh baterainya saat dicas meski sudah berjam-jam dicas.

 

Sekedar informasi, beberapa waktu terakhir, listrik di rumah kami memang sering spaneng yang mengakibatkan tegangan listrik jadi tidak stabil.

 

Tetapi jelas jika itu bukan salah satu penyebab dari tidak dapat penuhnya baterai pada smartphone yang tengah dibahas ini.

 

9 Cara Mengatasi Baterai HP Tidak Terisi Penuh pada Evercoss M6A dan Tecno Spark 6 Go

Oh iya, meski yang dibahas adalah HP dari Evercoss dan Tecno Spark, namun besar kemungkinan HP lain yang sejenis pun bisa berhasil di atasi dengan 9 cara mengatasi baterai HP tidak terisi penuh di bawah ini.

 

1. Restart HP

Yang pertama adalah melakukan restart pada HP, di mana ini adalah langkah awal untuk mendeteksi seberapa besar kerusakan yang ada pada HP kita.

 

Jika saat setelah direstart ternyata HP kembali normal dan bisa penuh baterainya, maka dapat dipastikan tidak ada kerusakan yang parah.

 

Biasanya ini terjadi karena memang smartphone sudah lama tidak direstart dan sering dipakai untuk banyak keperluan sehingga sistem Android kadang tidak akurat dalam menampilkan daya baterai.

 

Intinya, sebenarnya baterai sudah penuh, tetapi tampilan di layar tidak menyatakan penuh dan cenderung stuck.

 

2. Lepas dan Pasang Kembali Baterai

Jika kalian adalah pengguna Evercoss M6A yang masih menggunakan baterai biasa dan bukan baterai tanam, maka bisa ikuti langkah ini jika langkah pertama tadi tidak membuahkan hasil.

 

Tetapi kami mewanti-wanti untuk tidak melakukan tindakan ini jika HP kalian menggunakan baterai tanam, sebab langkah ini bisa menggugurkan garansi HP kalian dan bahkan bisa merusak HP jika pelepasan baterai tanam tidak dilakukan dengan benar.

 

Kita coba lepas baterai selama beberapa detik, kemudian pasangkan kembali baterainya dan silahkan nyalakan kembali HP yang kita miliki.

 

Jika belum berhasil, maka silahkan coba langkah nomor 3.

 

3. Cas Di Tempat Lain

Langkah ketiga adalah dengan mengecas di tempat lain, maksudnya adalah dicolokan atau stop kontaknya.

 

Di beberapa kasus, ini bisa membuat casan tidak bekerja secara sempurna dan sulit mengisi secara penuh karena stop kontak sudah rusak sehingga aliran listriknya setengah-setengah.

 

4. Ganti Kabel Casan/ Kabel Data

Yang keempat adalah dengan mengganti kabel casan atau kabel data. Ini merupakan salah satu kerusakan yang umum terjadi, bahkan kami sering mengalami hal ini.

 

Di mana kabel data tidak terlihat rusak dan bisa mengisi, hanya saja bagian dalam kabel sudah tidak bekerja dengan maksimal sehingga aliran listrik pada HP tidak bisa ditransfer dengan sempurna.

 

Kita bisa pinjam kabel data milik orang lain, dan jika bisa membuat HP normal kembali saat dicas, maka sudah jelas kabel data menjadi penyebab HP susah penuh saat dicas.

 

5. Ganti Kepala Casan

Yang kelima, kita bisa mengganti kepala casan atau kepala charger. Ini dilakukan jika langkah keempat tidak berhasil dan kepala casan tidak panas.

 

Bisa jadi yang rusak adalah kepala casannya, untuk itu, silahkan gunakan kepala casan lain yang sebisa mungkin speknya sama atau mendekati spek kepala casan bawaan HP kita.

 

6. Ganti atau Bersihkan Port USB

Yang keenam adalah kita harus periksa port USB jika langkah nomor 5 tidak berhasil. Port USB pada HP bisa jadi biang keladi dari tidak dapat terisinya baterai HP secara maksimal.

 

Kita bisa bersihkan dulu port USB ini dengan menghilangkan debunya atau kotoran menggunakan batang kecil / jarum.

 

7. Ganti Baterai

Jangan-jangan, baterai kita memang sudah rusak? Ini bisa terjadi jika baterai sudah dalam masa pakai yang sudah lama.

 

Kadang kerusakan baterai ini dibarengi dengan fisik yang kembung, mudah mati padahal baterai masih banyak, hingga muah sekali drop kapasitas.

 

8. Kalibrasi Baterai

Ada kalanya kita harus melakukan kalibrasi pada baterai, misalnya dengan sesekali memakai baterai HP hingga benar-benar mati kehabisan baterai.

 

Setelah itu, silahkan isi penuh daya baterai dengan menggunakan casan lalu gunakan HP hingga baterai tinggal tersisa beberapa persen lagi.

 

9. Settingan Baterai

Ini tidak terdapat pada smartphone yang tengah kita bahas, tetapi ini bisa menjadi info tambahan jika kalian menggunakan HP yang ada settingan baterainya.

 

Settingan baterai yang kita bahas adalah settingan untuk pengecasan, di mana pada beberapa HP, ada fitur untuk menghentikan pengisian baterai di persentase tertentu misal di 70%, 80%, atau pun 90%.

 

Fitur ini sendiri ada di Windows 10, tetapi memang tidak semua HP punya fitur ini.

 

Penutup

Dari apa yang kami alami, kami berhasil mengatasi masalah baterai pada smartphone kami dengan menggunakan cara membuka baterai, mengganti kabel casan, hingga memindahkan tempat casan ke stop kontak lain.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Iklan Atas Artikel

Rekomendasi HP 1 Jutaan RAM 4 GB dari Evercoss

 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Rekomendasi HP 1 Jutaan RAM 4 GB dari Evercoss

 

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...

Artikel Lainnya