★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

 DMCA  Protected 


Arti Slow Motion di Video dan Kamera

Daftar Isi [Tampil]

m.satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai arti slow motion terlebih di video dan kamera.

 

Slow motion, sepertinya kata yang satu ini cukup enak untuk didengar dan disebutkan. Bahkan, belakangan 2 buah kata dari bahasa asing ini rupanya cukup viral.

 

Arti Slow Motion di Video dan Kamera

Viral karena slow motion kerap digunakan untuk membuat video singkat jedag-jedug di beberapa aplikasi media sosial.

 

Soal definisi atau arti, kira-kira apa ya arti dari slow motion dan maksudnya apa di dunia kamera dan video?

 

Arti Slow Motion

Arti slow motion adalah gerak lambat atau gerakan yang diperlambat. Penyebutan slow motion adalah slo moshen. Sedangkan slow motion ini biasa disingkat sebagai SloMo.

 

Berasal dari Bahasa Inggris, slow motion nampaknya sudah sangat familiar bagi beberapa kalangan di Indonesia.

 

Misalnya saja bagi penikmat film, tukang oprek kamera, hingga tukang edit video seperti konten kreator. Slow motion sendiri bagi kami adalah salah satu hal yang unik, sebab bisa membuat efek dramatisasi pada suatu video.

 

Slow Motion di Video dan Kamera

Slow motion ini bisa didapatkan langsung pada settingan kamera, dan bisa juga bisa diedit menggunakan aplikasi edit video.

 

Berikut ini adalah contoh pengambilan video slow motion yang berasal langsung dari kamera:



 

Sedangkan di bawah ini adalah video cinematic buatan kami yang di mana efek slow motionnya beberapa di antaranya didapat dari hasil editing:



 

Saat melakukan slow motion, bukan hanya video yang diperlambat, tetapi juga suaranya jadi diperlambat.

 

Dan karena diperlambat, maka durasi video bisa menjadi lama. Misalnya saja, video yang awalnya hanya 3 detik bisa jadi 6 detik.

 

Tips Melakukan Slow Motion Pada Kamera

Sebagai perbandingan, mungkin kalian pernah melihat video slow motion dari tayangan ulang acara sepak bola di Liga Indonesa dengan Liga Eropa?

 

Jika kalian mengerti maksud kami, kalian mungkin akan sadar bahwa slow motion dari tayangan TV acara Liga Indonesia cenderung patah-patah dan cenderung kasar.

 

Sedangkan tayangan ulang di acara TV Liga Eropa cenderung lebih halus dan enak untuk dipandang karena tidak patah-patah atau pun loncat-loncat.

 

Nah salah satu aspek yang bisa membuat slow motion jadi halus dan enak dipandang adalah FPS dari kamera dan kartu memori.

 

Intinya, semakin besar FPS, maka akan bisa membuat tayangan ulang yang di-slow motion menjadi lebih halus.

 

Punya kamera yang bisa slow motion di FPS tinggi saja tidak cukup, sebab kita butuh kartu memori atau ruang penyimpanan lain yang berperforma tinggi. Ini bertujuan agar video slowmo tidak patah-patah atau lag.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

 ⚠ Iklan ⚠ 

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

 ⚠ Iklan  ⚠ 


Artikel Lainnya