Penyebab Monitor Komputer Bergaris Saat Restart dan Booting

m.satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai penyebab monitor komputer bergaris saat restart dan booting.

 

Pernah mengalami monitor komputer atau laptop yang bergaris? Secara umum monitor yang bergaris bisa jadi memang karena monitor tersebut sudah rusak.

 

Namun, bagaimana ceritanya jika monitor masih baru dan tiba-tiba bergaris? Apakah cacat produksi? Hmm, bisa jadi….

 

Tetapi dalam artikel ini kita hanya akan fokus membahas tentang monitor yang bergaris hanya saat booting atau saat restart.

 

Jadi saat booting atau restart, sebelum atau sesudah masuk logo Windows, kadang monitor mengeluarkan garis. Entah itu sedikit atau pun banyak dan terkadang garis tersebut akan hilang jika tampilan sudah masuk ke menu.

 

Hmm, apa yang terjadi?

 

Penyebab Monitor Bergaris Saat Restart dan Booting

Penyebab Monitor Komputer Bergaris Saat Restart dan Booting


Dari apa yang kami alami, salah satu penyebab dari monitor komputer atau laptop yang bergaris hanya saat restart atau booting adalah karena VGA atau GPU atau Video Card sudah mulai rusak atau artefak.

 

Artefak pada VGA memang menandakan ada kerusakan pada VGA atau kartu grafis tersebut. Namun sayangnya, saat VGA artefak, tanda-tandanya berbeda-beda sesuai dengan kerusakan pada VGA tersebut.

 

Dan apa yang kita bahas dalam artikel ini adalah tanda dari VGA yang artefak dalam status masing ringan. Sebab jika sudah artefak parah, maka monitor bisa memunculkan banyak garis, kotak-kotak, dan warna abstrak yang tidak bisa hilang meski komputer atau laptop sudah masuk menu utama.

 

Terkadang artefak ringan juga muncul di beberapa kondisi, misalnya saja saat membuka aplikasi-aplikasi tertentu, game berat misalnya.

 

Cara Mengecek VGA Sudah Artefak atau Tidak

Dari apa yang kami lakukan, kami menyimpulkan bahwa kami mengalami VGA artefak setelah melakukan beberapa pengecekan yakni:

  • Ganti monitor dan hasilnya tetap bergaris
  • Ganti VGA dan garis pun hilang

 

Simak video kami di bawah ini untuk lebih jelasnya:

 


Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...