Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer PC Mati Mendadak dan Bunyi Beep Secara Berulang

m.satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai penyebab dan cara atasi komputer atau PC atau laptop yang mati mendadak dan hanya bunyi beep secara berulang.

 

Wah, baru-baru ini kami mengalami kerusakan ini, di mana biasanya kerusakan ini terjadi pada PC atau komputer atau laptop yang sudah berumur.

 

Perlu digaris bawahi bahwa penyebab dari PC yang mati mendadak ini ada beragam penyebabnya. Jadi di sini kita hanya akan memfokuskan yakni PC yang mati mendadak lalu ketika menyala kembali malah tidak menampilkan sinyal di layar dan hanya berbunyi beep secara berulang.

 

Bunyi beep ini bermacam-macam, ada yang konstan dengan nada yang sama dan ada juga yang nadanya berubah-ubah namun berulang seperti yang kami alami.

 

Penyebab Komputer PC Mati Mendadak dan Bunyi Beep Secara Berulang

Penyebab dari komputer PC atau laptop mati mendadak dan hanya bunyi beep secara berulang adalah karena adanya kerusakan fungsi dari RAM baik itu karena RAM kotor, soket RAM kotor, atau bisa juga karena soket RAM dan RAM-nya rusak.

 

Ketika RAM mengalami kegagalan fungsi, maka mau tidak mau PC kita akan melakukan restart secara mendadak dan ketika hidup lagi, malah hanya berbunyi beep secara berulang.

 

BTW, penyebab ini kemungkinan besar hanya dialami oleh PC atau komputer yang RAM-nya terpisah dari mother board.

 

Cara Mengatasi Komputer PC Mati Mendadak dan Bunyi Beep Secara Berulang

Cara mengatasi komputer PC atau laptop yang mendadak mati dan hanya bunyi beep secara berulang cukup mudah.

 

Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer PC Mati Mendadak dan Bunyi Beep Secara Berulang

Kita bisa lakukan beberapa opsi sebagai berikut:

  • Lepas RAM jika kita menggunakan lebih dari satu RAM. Ini jadi keunggulan bagi kita yang menggunakan banyak RAM (meski kekurangannya adalah jadi lebih boros listrik). Tapi yang jelas, saat PC mengalami hal yang tengah kita bahas, maka kita bisa cabut satu per satu RAM dan silahkan nyalakan PC.
  • Jika sudah ketemu RAM mana yang rusak, maka kita bisa ganti RAM tersebut dengan RAM yang baru. Tapi jika merasa belum yakin RAM yang rusak, kita bisa ganti posisi slot RAM ke soket lain (jika mother board punya soket RAM lebih dari satu).
  • Jika belum menyala, maka kita bisa membersihkan RAM dengan penghapus karet. Kita bersihkan kuningan RAM dengan penghapus karet dengan cara menggosokannya. Tapi gosok RAM dengan hati-hati dan usahakan jangan sampai ada bekas karet penghapus yang tertinggal ketika kita hendak pasang kembali RAM di soket RAM
  • Jika masih belum berhasil, maka kemungkinannya adalah 2 yakni RAM benar-benar rusak atau soket RAM yang rusak.

 

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat video kami di bawah ini:

 


Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...