2 Contoh Konsep Video Cinematic, Bisa Bikin Dari HP!

m.satupiston.com – Assalamu’alaikum. kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan melihat 2 contoh konsep video cinematic.

 

Di era digital 4.0 seperti sekarang, banyak hal yang dilakukan secara digital. Termasuk salah satunya ketika melakukan promosi.

 

2 Contoh Konsep Video Cinematic, Bisa Bikin Dari HP!

Dulu promosi hanya menggunakan selembaran gambar dan di era TV baru ada video-video atau film sebagai media perikalanan.

 

Nah kini, bahkan dengan menggunakan HP kita sudah bisa membuat video untuk iklan baik itu untuk dituangkan ke Youtube, Facebook, IG, dst.

 

Well, untuk membuat iklan dan film di Youtube dan kawan-kawannya tidak bisa sembarangan. Kebanyakan untuk tujuan tertentu, video dibuat dengan gaya cinematic agar lebih memanjakan mata.

 

Arti Video Cinematic

Cinematic artinya adalah sinematik atau film. Cinematic ini artinya adalah gambar yang bergerak atau video film yang bukan hanya sekedar video tetapi juga punya unsur alur, keindahan, makna, hingga kualitas video yang baik. Mudahnya, cinematic adalah gambar bergerak atau video yang dirancang dan dibuat agar punya standar agar dapat tayang sebagai film baik untuk bioskop, TV, atau hanya sekedar untuk sosial media.

 

Beberapa ciri dari video cinematic adalah sebagai berikut:

  • Terdiri dari banyak video yang digabungkan
  • Ada back sound yang memperindah dan ikut menggambarkan cerita di video
  • Punya konsep dan alur
  • Biasanya menggunakan resolusi 21:9, meski tak selamanya demikian
  • Video diedit dengan menarik mulai dari tone warna, suara, resolusi, dan lain sebagainya

 

Contoh Konsep Video Cinematic

Sebelum menunjukan videonya, kami akan beri peringatan bahwa video yang ditampilkan bukan video terbaik kami dan hanya menggunakan kamera dari action cam (sedikit lebih bagus dari HP 1 jutaan, hehe).

 




Tips Membuat Video Cinematic

Kebanyakan video cinematic selalu berawal dari konsep atau tema, jadi sebelum membuat video cinematic, pastikan kita tentukan tema atau konsep yang ingin dibuat. Misalnya saja tentang pernikahan, pertemuan, perpisahan, perjalanan, keindahan, dan lain sebagainya.

 

Di proses pengambilan video, jika perangkat tidak mumpuni misal tidak bokeh, tidak bisa stabil, dan lain sebagainya, maka kita harus akali  dengan cara yang paling mudah yakni tidak memaksakan.

 

Misal jika kamera yang digunakan tidak stabil saat dipakai untuk berjalan atau berlari, maka kita akali dengan cara diam.

 

Kemudian jika kamera tidak bisa bokeh atau blur di bagian belakang, maka sebaiknya kita shot objek di latar belakang yang indah, misal pemandangan.

 

Di proses pengeditan, biasanya banyak para profesional akan membuat video cinematic yang tidak terikat dengan back sound. Namun meski tidak terikat, antara musik dan video tetap terlihat padu.

 

Tetapi itu hanya dilakukan oleh para editor yang sudah punya jam terbang tinggi, untuk kita para pemula, sebaiknya tentukan musik yang hendak digunakan. Ini untuk menambah dramatis dan mempaskan transisi video dengan ketukan lagu.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...