Video Cinematic Artinya? Ini Contohnya !!!

m.satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai video cinematic.

 

Belakangan semakin tingginya pengguna Youtube, Tiktok, Facebook ,hingga Instagram semakin membuat geliat editor video semakin banyak.

 

Tidak hanya video yang diedit ala kadarnya, bahkan kadang banyak video yang bahkan hanya selama 30 detik yang dibuat dengan kaidah cinematic.

 

Lalu, apa itu cinematic? Mari kita bahas saja dalam artikel ini dan nanti di ujung artikel kita akan berikan contoh video cinematic.

 

Arti Video Cinematic

Cinematic artinya adalah sinematik atau film. Cinematic ini artinya adalah gambar yang bergerak atau video film yang bukan hanya sekedar video tetapi juga punya unsur alur, keindahan, makna, hingga kualitas video yang baik.

 

Mudahnya, cinematic adalah gambar bergerak atau video yang dirancang dan dibuat agar punya standar agar dapat tayang sebagai film baik untuk bioskop, TV, atau hanya sekedar untuk sosial media.

 

Di sini, karena video cinematic dibuat untuk kebutuhan film (atau seperti film), maka biasanya akan ada beberapa unsur pada editing video seperti membuat video jadi bokeh, musik yang dramatis, transisi video yang menarik hingga pencahayaan yang pas.

 

Ciri-Ciri Video Cinematic

Video Cinematic Artinya? Ini Contohnya !!!


Kita kesampingkan dulu mengenai dialog para pemain film dan lain sebagainya, sebab video cinematic tak hanya mengenai hebatnya para pemain yang berakting.

 

Faktanya, dalam film kadang menyuguhkan video sinema yang luar biasa meski para pemain belum disorot (misal memperlihatkan kehancuran kota dan lain sebagainya).

 

Nah berbeda dengan video dokumenter atau video yang belum diedit, video cinematic biasanya identik dengan kumpulan video yang diedit sedemikian rupa agar menghasilkan video yang enak dan menarik untuk dilihat.

 

Beberapa ciri dari video cinematic di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Terdiri dari banyak video yang digabungkan
  • Ada back sound yang memperindah dan ikut menggambarkan cerita di video
  • Punya konsep dan alur
  • Biasanya menggunakan resolusi 21:9, meski tak selamanya demikian
  • Video diedit dengan menarik mulai dari tone warna, suara, resolusi, dan lain sebagainya

 

Contoh Video Cinematic

Berikut ada video cinematic yang kami buat, meski tidak terlalu bagus:


Sedangkan di bawah ini adalah video  biasa yang tidak cinematic:

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...