Kenapa Akun Youtube Belum 1000 Subscriber Tapi Sudah Tayang Iklan?

 

m.satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai alasan akun Youtube yang belum 1000 Subscriber tapi sudah tayang iklan.

 

Beberapa waktu lalu, Youtube kami yakni Ivan Vana Channel kedatangan komentar yang cukup menarik untuk dibahas.

 

Kurang lebih, poin dari pertanyaan di komentar akun Youtube kami adalah “kenapa akun Youtube belum 1000 Subcriber, tapi sudah tayang iklan?”

 

Seperti yang kita ketahui, salah satu peraturan Youtube yang cukup terkenal adalah mengharuskan adanya minimal 1000 pengikut (subscriber) dan 4000 jam tayang dari 1 tahun terakhir serta tidak boleh ada pelanggaran kebijakan konten jika ingin video Youtube ada iklannya.

 

Lalu kenapa sekarang belum 1000 Subscriber sudah ada iklannya? Apa kebijakannya seperti dulu lagi?

 

Alasan Akun Youtube Ada Iklannya Padahal Belum 1000 Subscriber

Kenapa Akun Youtube Belum 1000 Subscriber Tapi Sudah Tayang Iklan?


Di bulan Mei, Juni, hingga Juli 2021, Youtube memberikan pemberitahuan melalui email hingga dashboard Youtube Studio, bahwa ada kebijakan baru yakni Youtube berhak menempatkan iklan di video yang ada di Youtube termasuk untuk akun yang belum monetisasi (belum 1000 Subscriber dan 4000 jam tayang).

 

Lalu, apakah dengan demikian akun Youtube yang belum memenuhi syarat monetisasi bisa mendapatkan bayaran layaknya seperti kebijakan Youtube di 1 dekade lalu?

 

Sayangnya, meski ada iklannya, 100% pendapatan dari iklan tersebut tidak akan masuk ke kantong para konten creator atau Youtuber. Penghasilan iklan tersebut akan masuk ke kantong Youtube 100%, jadi kita akan gigit jari deh meski ada iklan di video kita.

 

Pro Kontra Kebijakan Youtube Terbaru Ini

Ketika awal-awal peluncuran kebijakan, banyak konten kreator yang merasa kerja rodi (kerja rodi adalah kerja paksa di zaman penjajahan Belanda saat di Indonesia).

 

Namun seiring waktu, pada akhirnya konten kreator pun merasa biasa saja. Ya, hitung-hitung bayar tempat penyimpanan ruang untuk menyimpan atau menitipkan video di Youtube.

 

Simak pembahasan ini di video berikut:

 


Peluang di Youtube Short Video

Kabar baiknya, kini ada Youtube Short Video yang katanya bisa menghasilkan atau dalam kata lain adalah bisa dapat hadiah dari Youtube.

 

Sayangnya, tidak ada kejelasan lebih lanjut mengenai bagaimana sistem hadiah yang diberkan pada konten kreator yang punya video pendek di Youtube dengan views yang banyak.

 

Mungkin di lain waktu akan ada pemberitahuan lebih lanjut mengenai sistem pembayaran hadiah bagi kreator Youtube Short Video di Indonesia.


Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...