9 Cara Pasang RAM PC, Baca Dulu Kak! Awas Salah !!!

 

9 Cara Pasang RAM PC, Baca Dulu Kak! Awas Salah !!!

m.satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai cara pasang RAM PC.

 

RAM atau disebut juga sebagai Random Access Memory merupakan tempat penyimpanan sementara pada komputer yang salah satu fungsinya adalah untuk mempercepat proses multi tasking pada komputer maupun laptop.

 

RAM ini terkadang mengalami kerusakan hingga harus diganti baru, tetapi untuk sekarang ini, tak jarang RAM diganti karena ganti Mobo (mother board), hingga karena ingin upgrade kapasitas RAM.

 

Baca JugaReview RAM Hynix, Bagaimana Kualitas RAM Hynix ???

 

Bicara soal RAM, cara memasangnya sebenarnya cukup mudah. Hanya saja bagi pemula seperti kami, tentu terkadang memasang RAM menjadi momok menakutkan tersendiri.

 

Dalam artikel ini, kami akan coba membagikan cara dalam memasangkan RAM pada PC lebih tepatnya adalah pada komputer.

 

Pasalnya, RAM pada Laptop memiliki sedikit perbedaan bentuk serta cara memasangkannya. Langsung saja, berikut cara pasang RAM PC:

 

1. Pastikan Kita Punya RAM Yang Sesuai

Yang pertama adalah pastikan kita memiliki unit kepingan RAM yang sesuai. Misal mother board PC kita hanya support RAM DDR3, maka pastikan jangan menggunakan RAM DDR2, DDR4, maupun DDR3L.

 

Jadi meski nantinya kapasitas RAM-nya lebih besar namun DDR-nya berbeda, maka RAM dipastikan tidak dapat dipasangkan (kecuali pada beberapa mother board yang support 2 jenis DDR yakni DDR3L dan DDR3),

 

2. Matikan Daya Listrik Pada PC

Selanjutnya yang harus diperhatikan adalah KITA HARUS COPOT ALIRAN LISTRIK pada PC kita. Hal ini bertujuan agar meminimalisir adanya listrik statis serta adanya hubungan arus pendek listrik.

 

Jadi pastikan selain mematikan PC, kita juga harus mencabut kabel power PC di stop kontak listrik.

 

3. Buka Case PC

Selanjutnya kita buka cangkang atau case atau casing PC milik kita. Pada beberapa jenis PC, cara membuka case PC ini cukup susah, namun pada beberapa jenis PC lain, bahkan kita tidak perlu membuka case (karena bagian mobo atau bagian slot RAM-nya terbuka).

 

4. Copot RAM Jika Ingin Mencopot RAM

Ini merupakan pilihan, jadi jika kita hendak mengganti RAM, maka kita harus mencopot RAM dengan cara membuka dua pengunci kepingan RAM di bagian kiri dan kanan.

 

Cara membuka penguncinya cukup mudah, yakni tinggal kita geser atau tekan ke bagian luar dari RAM.

 

Tetapi jika kita tidak akan mengganti atau mencopot RAM, maka silahkan ke tahap selanjutnya.

 

5. Pastikan Urutan Slot RAM

Jika kita hendak memasangkan RAM, maka pastikan kita mengetahui urutan slot RAM. Jadi pada beberapa mobo, kita harus memasangkan RAM secara seling dan berurutan.

 

Misalnya, slot RAM ada 4 dimana slot 1 berwarna hijau, lalu slot 2 berwarna biru, kemudian slot 3 berwarna hijau lagi, dan slot 4 berwarna biru lagi.

 

Jika kita hanya akan memasangkan RAM sebanyak 1 unit pada mobo, maka kita bebas memasangkan RAM di slot mana pun.

 

Tetapi jika kita hendak memasangkan lebih dari 1 RAM, maka pastikan kita memasangkan unit RAM sesuai dengan warna slot RAM.

 

Jadi jika kita pasang 2 unit RAM, maka pastikan kita pasangkan kedua unit RAM tersebut pada slot RAM yang berwarna hijau.

 

6. Pastikan Posisi RAM Benar

Selanjutnya pastikan posisi RAM benar pada slot RAM. Jangan sampai terbalik, sebab dapat menyebabkan unit RAM tidak dapat terpasang, sekali pun dipaksakan terpasang, maka efeknya dapat membuat RAM cepat panas hingga kerusakan pada mother board atau mobo.

 

Pada beberapa RAM, pemasangannya dapat dipasang secara bolak balik, namun pada beberapa RAM lagi, RAM hanya dapat dipasang pada satu sisi.

 

7. Tekan RAM hingga Terkunci di Slot RAM

Setelah posisi RAM sudah benar dan seimbang antara sisi kiri dan kananya, selanjutnya adalah tekan kedua sisi RAM dengan jari-jari kita secara bersamaan.

 

Jika sudah pas, maka kedua pengunci RAM akan berbunyi “klik” yang menandakan bahwa RAM sudah terkunci di slot RAM.

 

8. Nyalakan PC dan Periksa RAM

Selanjutnya silahkan menyalakan PC (jangan dulu tutup case PC). Jika setelah dinyalakan ternyata RAM terbaca, maka pemasangan RAM sudah berhasil.

 

Untuk memeriksa RAM, cara gampangnya adalah dengan membuka menu Task Manager lalu Performace dan Memory. Di sana akan terlihat kapasitas RAM serta berapa slot RAM yang sudah digunakan.

 

9 Cara Pasang RAM PC, Baca Dulu Kak! Awas Salah !!!


 

Jika ingin lebih advance, kita juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama CPU-Z yang tersedia di internet secara gratis.

 

9 Cara Pasang RAM PC, Baca Dulu Kak! Awas Salah !!!

 

Jika kalian kurang paham dengan tulisan kami, silahkan simak saja video di bawah ini:



 

9. Tutup Case

Jika semuanya sudah selesai, selanjutnya tinggal tutup kembali case dari PC. Namun jika RAM tidak terbaca, maka ada beberapa kemungkinan, salah satunya adalah pemasangan RAM belum tepat, RAM merupakan RAM palsu, hingga RAM tidak sesuai dengan spesifikasi.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel